kompetisi nasional sains dan matematika

Brilliant Competition (BComp) adalah sebuah kompetisi nasional sains dan matematika yang ditujukan bagi siswa/i SMP atau sederajat, yang akan diadakan untuk kelima kalinya di SMAK PENABUR Gading Serpong, pada tanggal 17 s.d. 19 Januari 2013.

Informasi umum

Peserta adalah siswa/i SMP atau sederajat (kelas 7 s.d. 9). Brilliant Competition dilombakan per tim dengan satu tim terdiri dari 2 orang dari sekolah yang sama. Setiap tim memilih salah satu mata pelajaran yang dilombakan (matematika atau sains).
Biaya pendaftaran adalah sebesar Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) per tim.
Bagi para peserta yang telah lolos Penyisihan 1 (informasi di bawah), technical meeting akan dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2013, sedangkan lomba akan dilaksanakan pada tanggal 18 s.d. 19 Januari 2013. Technical meeting dan lomba akan digelar di
SMAK PENABUR Gading Serpong
Jl. Kelapa Gading Barat Raya, Gading Serpong
Tangerang, Banten 15810
Jika Anda tidak menemukan informasi yang Anda butuhkan, silakan mengunjungi halaman Kontak dan menghubungi kami.

Matematika

Materi yang dilombakan adalah matematika kelas 7, 8, 9.

Babak penyisihan 1 matematika

Penyisihan 1 sudah dimulai. Siswa/i yang berminat menjadi peserta dapat mendownload soal penyisihan di situs ini (klik di sini).
Soal dikerjakan di daerah masing-masing. Jawaban di-scan dan dikirimkan ke panitia melalui email ke brilliant.gen5 (at) gmail.com, atau dikirimkan via pos ke SMAK PENABUR Gading Serpong. Rincian soal adalah sebagai berikut
  • 30 soal pilihan ganda (benar +3, salah -1, tidak jawab 0 poin)
  • 15 soal isian (benar +3, salah/kosong 0 poin)
  • 5 soal esai (rentang nilai satu soal 0-10 poin)
Jawaban paling lambat diterima panitia pada tanggal 14 Desember 2012. 50 tim dengan nilai tertinggi akan melanjutkan ke babak penyisihan 2 yang akan dilaksanakan di SMAK PENABUR Gading Serpong.
Untuk memudahkan pendaftaran, harap melampirkan formulir pendaftaran beserta bukti transfer biaya pendaftaran bersama lembar jawaban. Formulir dapat didownload di sini.

Babak penyisihan 2 matematika

Babak penyisihan 2 terdiri dari 20 soal isian (benar +5, salah 0, tidak jawab +1 poin) dengan waktu pengerjaan 60 menit. 16 tim terbaik akan maju ke babak semifinal.
Bila ada dua atau lebih tim yang memperoleh nilai sama, maka tim dengan jumlah jawaban benar lebih banyak akan diutamakan.

Semifinal matematika

Semifinal matematika berupa soal 5 soal esai dengan waktu pengerjaan 90 menit. Nilai maksimum setiap jawaban adalah 7 poin. Empat tim terbaik akan maju ke final.

Final matematika

Untuk mata pelajaran matematika, final akan dibagi menjadi dua babak.
Math Application. Pada babak pertama ini, peserta diberikan beberapa soal esai dengan total nilai 200. Penilaian diambil berdasarkan kemampuan peserta dalam menganalisa soal yang diberikan. Waktu pengerjaan 60 menit.
Tic-tac-toe. Babak ini berupa cepat-tepat dengan menggunakan papan tic-tac-toe. Terdapat 25 soal yang tersembunyi di balik kotak-kotak 5x5.
Tim dengan perolehan nilai tertinggi pada babak pertama berhak memilih kotak pertama. Soal di balik kotak yang dipilih akan diperebutkan oleh semua tim. Tim yang berhasil menjawab soal pada kotak tersebut mendapatkan tambahan poin, dan berhak memilih kotak berikutnya. Kotak akan ditandai sesuai dengan tim yang menjawab.
Bila ada soal yang tidak terjawab, kotak itu dianggap hangus, dan pemilihan kotak selanjutnya dilakukan oleh tim yang terakhir melakukan pemilihan.
Penilaian setiap soal bervariasi antara 10, 20, dan 30. Tim yang menekan bel namun tidak menjawab, akan diberi pengurangan poin sebesar setengah dari poin soal. Tim yang berhasil menandai 5 kotak yang segaris pada papan tic-tac-toe, diberi penambahan 30 poin.

Sains

Materi yang dilombakan adalah materi biologi dan fisika kelas 7, 8, 9, serta materi olimpiade.

Babak penyisihan 1 sains

Penyisihan 1 sudah dimulai. Siswa/i yang berminat menjadi peserta dapat mendownload soal penyisihan di situs ini (klik di sini).
Soal dikerjakan di daerah masing-masing. Jawaban di-scan dan dikirimkan ke panitia melalui email ke brilliant.gen5 (at) gmail.com, atau dikirimkan via pos ke SMAK PENABUR Gading Serpong. Rincian soal adalah sebagai berikut
  • 50 soal pilihan ganda (benar +3, salah -1, tidak jawab 0 poin)
  • 10 soal esai (rentang nilai satu soal 0-10 poin)
Jawaban paling lambat diterima panitia pada tanggal 14 Desember 2012. 50 tim dengan nilai tertinggi akan melanjutkan ke babak penyisihan 2 yang akan dilaksanakan di SMAK PENABUR Gading Serpong.
Untuk memudahkan pendaftaran, harap melampirkan formulir pendaftaran beserta bukti transfer biaya pendaftaran bersama lembar jawaban. Formulir dapat didownload di sini.

Babak penyisihan 2 sains

Soal penyisihan 2 akan terdiri dari 40 soal isian biologi dan 15 soal isian fisika (total 55 soal, benar +5, salah 0, tidak jawab +1 poin), dengan waktu pengerjaan 60 menit. Jawaban-jawaban biologi dan fisika akan dinilai secara terpisah, lalu digabungkan menjadi nilai total dengan bobot biologi 50%, fisika 50%.
Jika terdapat nilai yang sama, tim dengan jumlah jawaban benar terbanyak akan diutamakan.

Semifinal sains

Semifinal sains berupa tes ketok. Terdapat 10 pos biologi dan 10 pos fisika. Di masing-masing pos terdapat satu soal teori atau praktek (isian, benar +100, salah/kosong 0 poin). Setiap tim akan mengerjakan soal di setiap pos. Waktu pengerjaan adalah 2 menit per pos biologi, dan 3 menit per pos fisika. Panitia mengetukkan palu ke meja setiap waktu pengerjaan habis, dan setiap tim pindah ke pos berikutnya.
Empat tim terbaik akan maju ke final sains. Jika terdapat nilai yang sama, tim yang diutamakan adalah tim dengan peringkat penyisihan 2 lebih tinggi.

Final sains

Final sains akan berupa cerdas cermat yang dibagi menjadi tiga babak.
Babak wajib. Satu tim akan menjawab seluruh soal yang terdapat dalam satu amplop. Masing-masing amplop berisi 5 soal biologi dan 5 soal fisika yang akan dibacakan panitia, ditampilkan di layar, dan dijawab secara lisan. Jawaban benar bernilai 100 poin. Apabila tim tidak menjawab atau menjawab salah, tidak ada pengurangan poin, namun soal akan dilempar satu kali untuk diperebutkan oleh tim lain. Untuk soal lemparan, jawaban benar bernilai 50 poin, salah/tidak jawab bernilai -50 poin.
Lelang soal. Terdapat 12 soal yang akan dilelang. Tema/materi setiap soal akan dibacakan terlebih dahulu. Setelah tema soal dibacakan, setiap tim dapat memberikan penawaran dengan menekan bel terlebih dahulu. Penawaran yang dapat diberikan adalah nilai berkelipatan 50 dengan maksimum penawaran 300 poin. Setelah lelang ditutup, soal akan dibuka, dan tim dengan penawaran tertinggi berhak menjawab soal. Jawaban benar bernilai sama dengan penawaran tim. Jika tim tidak menjawab atau menjawab salah, pengurangan poin adalah sebesar penawaran tim dan soal tidak dilempar. Waktu pengerjaan adalah 40 detik per soal.
Jika tidak ada tim yang berniat melakukan penawaran, maka lelang ditutup, dan soal dibuka untuk dijadikan soal rebutan (benar +25, salah/tidak jawab -25).
Rebutan. Terdapat 40 soal yang akan dijawab secara adu cepat. Babak rebutan akan berakhir setelah 25 menit, atau setelah keempatpuluh soal habis ditanyakan. Setiap soal diberi waktu pengerjaan 40 detik.
Tim diharuskan menjawab segera setelah tim menekan bel. Setiap jawaban benar bernilai 100 poin. Bila tim tidak segera menjawab, atau menjawab salah, tim dikenakan pengurangan 50 poin dan soal dilempar satu kali.

info  http://www.bee-comp.com/index.html

No comments :

Post a Comment