Supaya bisa masuk ITB di 2013

Seperti yang sudah banyak diberitakan di media massa, SNMPTN Tulis 2013 akan dihapuskan demi  efisiensi waktu dan anggaran, juga sebagai pelecut untuk memperkokoh nilai rapor dan menguatkan kredibilitas Ujian Nasional (UN). (sumber: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/02/m1ulxx-jalur-ujian-tulis-snmptn-2013-dihapuskan)
Itu berarti hanya akan ada SNMPTN undangan di 2013. Setiap PTN dapat menerima 60% dari SNMPTN undangan sedangkan 40%-nya tergantung tiap tiap PTN. Mekanisme penerimaan jalur undangannya sendiri masih dipersiapkan. Apakah hanya melihat nilai UN, atau ada kriteria kriteria lain; hal tersebut masih didiskusikan dr Dirjen Pendidikan Tinggi. 

Pastinya hal ini bikin kita penasaran kan, bagaimana dengan sistem penerimaan mahasiswa baru ITB di 2013 nanti?
Hingga saat ini belum ada statement, pengumuman, rilis ketentuan resmi atau apapun dari ITB tentang penerimaan mahasiswa baru 2013. Apakah ada ujian mandiri? Apa saja yang dilihat dalam penerimaan lewat jalur undangan? Bagaimana dengan FSRD yang memang sudah seharusnya ada ujian ketrampilan bila hanya ada snmptn undangan? Bagaimana dengan siswa SMK dan juga dr jurusan IPS yang memiliki minat di fakultas yg berbasis teknik? 

Ya, hingga saat ini belum ada ketentuan resmi yang dapat menjawab pertanyaan pertanyaan kita tersebut. Namun satu hal yang pasti, ITB membuka lebar pintunya untuk warga negara Indonesia yang memang berminat dan pantas masuk ITB. Jalur masuk dan ketentuan yang nantinya dibuat oleh ITB pastinya sudah dipertimbangkan masak masak untuk menyaring peminat ITB dengan kemauan tinggi dan usaha yang maksimal.

Lalu apa yang harus dipersiapkan sejak sekarang bila belum ada informasi resmi dr ITB ttg 2013?
Pertama, yakinkan dirimu kalau memang benar benar ingin masuk ITB. Keyakinan pada diri sendiri inilah yang akan jadi motivasimu saat sedang capek, saat bingung atau hilang semangat.
Kedua, gali informasi tentang fakultas yang kamu inginkan di ITB. Bukan hanya prospek kerjanya, namun apakah fakultas tersebut juga sesuai dengan minat kamu. Kegiatan perkuliahan yang sesuai dengan minat kamu pasti bikin kamu enjoy untuk berkarya

Ketiga, maksimalkan di sekolah. Kemungkinan besar snmptn undangan akan menggunakan hasil UN sebagai salah satu penilaiannya. Itu berarti UN nanti bukan hanya sekedar "yang penting lulus" namun harus jadi hasil terbaik dari 3 tahun kamu di SMA. Mata pelajaran apa yang harus menonjol kalau mau ambil fakultas XXX? Siapkan semua matpel! Keinginan kuatmu untuk masuk ITB akan tercermin dari itu semua.
Last but not least, jangan lupakan ibadah. Banyak faktor X dalan penerimaan PTN. Kita tidak akan pernah tahu kekuatan doa, jadi jangan pernah lupakan ibadah ya.

Well, sekian saja sharing saya. Saya hanya ingin mencoba berbagi supaya teman teman yang mau masuk ITB di 2013 gak tambah panik namun justru makin besar usahanya. Semangat nomer satu!!

No comments :

Post a Comment